RSS

EKONOMI BISNIS & LINGKUNGAN BISNIS

I . PENDAHULUAN

Artikel ini diharapkan dapat berguna bagi kita semua.
Mohon maaf jika artikel ini jauh dari sempurna, karena masih banyak kekurangan dalam artikel ini saat saya membuatnya.



II . ISI


Bisnin adalah prose sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan atau pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memilki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.

I. Maksud dan tujuan bisnis :

1. Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
2. Keuntungan usaha
3. Pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan
4. Mengatasi berbagai resiko
5. Tanggung jawab sosial


Nilai utama dari rencana bisnis anda adalah membuat garis besar tertulis yang mengevaluasi segala aspek kelangsungan hidup ekonomi dari upaya bisnis anda termasuk uraian dan analisis terhadap prospek bisnis anda.
Anda dapat memanfaatkannya sebagai suatu alat penjualan dalam menangani hubungan penting termasuk para pemberi pinjaman, investor, dan bank.
Keberhasilan suatu perusahaan sebagian tergantung pada lingkungannya.  
Walaupun manajer suatu perusahaan tidak dapat  mengendalikan lingkungan, tetapi mereka  cenderung mem-
buat keputusan bisnis yang menguntungkan lingkungan.


II. Tingkatan Partisipasi Bisnis :

1. Perusahaan Domestik / Lokal
Perusahaan bisnis domestik adalah suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam suatu wilayah saja tanpa melewati batas negara.Jenis perusahaan ini masih bersifat sederhana dan tidak kompleks karena hanya memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku di sekitarnya saja mulai dari besar kecil kompensasi, budaya perusahaan, rekrutmen tenaga kerja, analisis pasar, dan lain sebagainya.
2. Perusahaan Internasional
Perusahaan bisnis internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi.
3. Perusahaan Multinasional
Perusahaan bisnis multi nasional adalah perusahaan yang memiliki beberapa pabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda. Penyesuaian dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses.
4. Perusahaan Global
Perusahaan global adalah unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi).
[sumber : http://organisasi.org/perusahaan_bisnis_domestik_internasional_multinasional_dan_global_jenis_jenjang_tingkatan_partisipasi_
globalisasi_bisnis]

III. TANTANGAN BISNIS MASA KINI

a. Globalisasi Ekonomi
Krisis global merupakan kondisi yang penuh dengan ketidakpastian, karena tidak ada dapat memprediksi secara pasti mengenai apa yang terjadi di masa depan. Perusahaan yang masih eksis saat ini tidak menjadi jaminan bahwa bisa terus going concern atau terus eksis. Contohnya saja, Lehman Brothers, yakni investment bank yang usianya hampir dua abad terpaksa bangkrut, serta Washington Mutual, bank komersial terbesar AS, yang harus ditutup.

b. Tantangan Sosial
Naiknya stabilitas kerja, namun masih terbtasnya kesempatan kerja merupakan salah satu tantangan sosial ekonomi bisnis. 
Adanya tenaga kerja yang berbeda ras, agama, kewarganegaraan, budaya, dan suku membuat semakin beragamnya tantangan sosial dalam hidup.

c. Tantangan Kualitas
Era globalisasi yang ditandai dengan persebaran informasi, interaksi ekonomi bisnis, dan kebijakan politik internasional yang terbatas merupakan tantangan besar kualitas ekonomi bisnis.


d. Tantangan Teknologi
Karena besaran dan kuatnya gelombang kekuatan ekonomi serta teknologi bisnis menyebabkan timbulnya tantangan teknologi ekonomi bisnis.

IV. LINGKUNGAN BISNIS

Lingkungan makro merupakan lingkungan yang pencakupannya luas, sedangkan Lingkungan mikro merupakan lingkungan yang pencakupannya lebih kecil.

V. FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KONDISI LINGKUNGAN

-Lingkungan Pasar
mencakup : pelanggan, perusahaan, para pekerja, dan perusahaan pesaing.
-Lingkungan Bukan Pasar
mencakup kegiatan di luar lingkungan pasar.


0 comments:

Post a Comment